Kubur Batu di Sumba, Ada di Setiap Halaman Rumah

Sebuah bangunan beton berbentuk kubus yang ditutup dkubur-batu1-300x336engan batu lebar dari jauh terlihat seperti sebuah meja. Uniknya, bangunan setinggi kurang lebih 1,5 meter ini ada di setiap depan rumah, atau di samping rumah setiap penduduk Sumba. Jika di tempat lain, kuburan biasanya jauh dari rumah bahkan pemukiman, di Sumba berbeda sekali. Kuburan justru dibangun di halaman rumah.

Kuburan hanya memiliki satu desain, berbentuk kubus dengan penutup dari batu dan berjejer dengan rumah sang pemilik. Kalaupun ada perbedaan, hanya pada hiasan warna warni di dindingnya. “Dulu kuburan-kuburan itu dibuat dari batu yang dipotong, namun dalam perkembangannya, dibuat dengan batu bata , pasir dan semen, lalu penutupnya dibuat dengan cara di cor”,

Tidak semua orang Sumba mampu membuat batu kubur besar ini, karena membutuhkan biaya yang sangat besar. Puluhan ekor hewan dipotong, seperti ayam, anjing, babi, sapi dan kerbau selama menjalankan ritual adat, mulai dari pemotongan batu kubur, penarikan batu kubur hingga pengerjaan batu kubur. Jumlah hewan yang dikorbankan berkisar 50-an ekor. Ini belum terhitung ayam dan anjing.

Karena ritualnya yang memakan biaya dan tenaga yang besar, hanya keluarga bangsawan tertentu saja yang mampu melaksanakan prosesi kubur batu.kubur-batu-4

Seiring perjalanan waktu, tradisi budaya ini mulai bergeser. Dari yang tadinya kuburan dibuat dari batu potong asli kemudian beralih menjadi kuburan beton. Ini karena bahan pembuatan kuburan beton lebih mudah diperoleh seperti semen, besi beton dan pasir.

Secara ekonomis kuburan beton juga lebih ringan ketimbang menggunakan batu potong asli.

Alasan mengapa kuburan ini dibangun di dekat rumah mereka adalah supaya tetap dekat dan selalu ingat. Ini merupakan wujud rasa cinta mereka pada yang telah ‘pergi’.

kubur-batu2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s